Pengamanan Kegiatan Nyongkolan di Lembar, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Berkolaborasi

Lombok Barat, NTB – Polsek Lembar melaksanakan pengamanan kegiatan nyongkolan dari Dusun Puyahan Desa Lembar Selatan menuju Dusun Batu Banteng Desa Kuripan Timur.

Kapolsek Lembar, Polres Lombok Barat, Polda NTB, Iptu I Ketut Suriarta, SH., M.I.Kom., mengatakan secara umum seluruh rangkaian kegiatan pengamanan berjalan aman dan lancar, Minggu (22/1/2023).

“Karena kegiatan nyongkolan ini merupakan salah satu kegiatan Masyarakat menonjol, maka memerlukan pengamanan. Guna mengantisipasi segala bentuk potensi gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang mungkin saja terjadi,” ungkapnya.

Nyongkolan adalah sebuah kegiatan adat yang menyertai rangkaian acara dalam prosesi perkawinan pada suku sasak di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan ini berupa arak-arakan kedua mempelai dari rumah mempelai pria ke rumah mempelai wanita, dengan keluarga dan kerabat mempelai pria mengiringinya.

“Iring-iringan yang menarik perhatian masyarakat untuk menonton, sehingga kita mengantisipasinya terutama dalam mencegah terjadinya kemacetan,” katanya.

Karena iring-ringan Kegiatan Nyongkolan di Lembar ini menggunakan jalan utama, yang juga masyarakat umum menggunakannya.

“Sehingga melakukan pengawalan sekaligus pengaturan lalulintas, agar masyarakat pengguna jalan tetap merasa aman dan nyaman saat berkendara,” imbuhnya.

Dalam kegiatan pengamanan ini, Bhabinkamtibmas Desa Lembar selatan berkolaborasi bersama Babinsa setempat. Melaksanakan pengawalan sekaligus pengamanan dari Dusun Puyahan Desa Lembar selatan keluar menuju Dusun Batu Banteng Desa kuripan Timur.

“Dalam kegiatan tersebut dengan iringan musik Kecimol, dan dalam pelaksanannya berjalan dengan tertib dan Lancar,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *