Polsek Sekotong Lakukan Pengamanan Tradisi Adat Nyongkolan di Desa Persiapan Belongas

Lombok Barat, NTB – Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang dapat mengganggu jalannya proses tradisi adat nyongkolan, Polsek Sekotong melakukan Pengamanan di Desa Persiapan Belongas, Senin (9/1/2023).

Kapolsek Sekotong, Polres Lombok Barat, Polda NTB, Iptu I Kadek Sumerta, SH mengatakan kegiatan pengamanan bertempat di Dusun Sauh. Desa Persiapan Belongas, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.

“Agar tidak terjadinya hal-hal yang dapat mengganggu jalannya proses tradisi adat nyongkolan, sehingga dapat berjalan denga naman dan lancar,” ungkapnya.

Kapolsek memastikan, Personil polsek sekotong memahami tugas dan fungsinya dalam melaksanakan pengamanan tradisi adat nyongkolan.

“Kerena telah menekankan pada setiap pelaksanaan pengamanan, serta tetap dengan mengedepankan cara humanis,” ujarnya.

Sehingga, Masyarakat penguna jalan merasa aman dan tidak terganggu dengan adanya kegiatan nyongkolan tersebut.

Adapun yang menjadi sasaran kegiatan pengaman ini, Masyarakat yang melaksanakan tradisi adat nyongkolan serta pengguna Jalan Raya Dusun.

“Nyongkolan yang berlangsung yakni, nyongkolan Warga Desa Eyat Mayang Kecamatan Lembar menuju Dusun Sauh Desa Persiapan Belongas Kecamatan Sekotong,” jelasnya.

Pihak mempelai laki laki berasal dari desa eyat mayang Kecamatan Lembar. Yang mana pihak mempelai laki laki mulai star dari Jalan Raya Dusun Sauh.

Menggunakan jalur utama dusun, dengan cara berjalan dengan arak arakan menuju rumah mempelai perempuan.

Dengan iringan alat tradisional berupa satu grup kecimol dengan kapasitas warga dari desa eyat mayang Kecamatan Lembar diperkirakan kurang lebih 150 orang.

“Personil polsek sekotong yang melaksanakan pengamanan, dengan mengatur arus lalu lintas dan mengurai kemacetan. Agar dalam proses tradisi adat tidak menemui kendala dan mencegah dari terjadinya permasalahan yang dapat meluas hingga akhir pelaksanaan,” tandasnya,

Kapolsek menegaskan bahwa seluruh rangkaian kegiatan pengamanan berjalan aman dan lancar, mulai dari kegiatan, hingga Warga meninggalkan lokasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *