Kunjungan Tim Puslitbang Polri ke Kantor Desa Beleke, Penguatan Peran Polmas

Lombok Barat, NTB – Tim Puslitbang Polri melakukan kunjungan ke Kantor Desa Beleke dalam rangka Penguatan Peran Polmas dalam mewujudkan Stabilitas bagi Pembangunan Nasional, Selasa (30/8/2022).

Bertempat di Aula kantor Desa Beleke Kecamatan Gerung Lombok Barat, Ketua FKPM  Desa Beleka, Para Kadus, Para BPD, serta Para BKD menyambutnya langsung.

Pada kesempatan itu Ketua FKPM Desa Beleke Amir S.Pd mengatakan bahwa untuk permasalahan yang ada Desa Beleke sudah banyak yang terselesaikan.

“Kami selesaikan dengan cara musyawarah, Masyarakat Desa masih menghargai orang yang masih dituakan. Jadi setiap permasalahan bisa menyelesaikannya dengan tokoh- tokoh masyarakat. Kami berharap sinergitas dengan Polri bisa di tingkatkan,” ungkapnya.

Kadus beleke juga menambahkan bahwa, demikian juga terkait permasalahan-permasalahan yang ada di Desa beleke terkait tanah ahli waris.

“Terkait masalah tanah ahli waris, untuk Bhabinkamtibmas dan Babinsa sangat membantu kami yang ada di Desa Beleke. Setiap ada permasalahan yang sifatnya bisa di selesaikan dengan musyawarah kami selesaikan,” pungkasnya.

Menurutnya permasalahan yang ada di Dusun Beleke di keluarga seperti KDRT dan perselingkuhan, pihaknya mengedepankan hukum adat.

Menyikapi ini, Peneliti Tim Puslitbang Polri DR. Endro Sulaksono, S.Kom, M.Si. mengatakan terkait dengan masalah narkoba. Bahwa harus di selesaikan dengan cara pidana, namun dapat melakukan langkah-langkah pencegahan di dusun.

“Bagaimana caranya? Kita mencegah  untuk orang lain tidak melakukan atau terjerumus terkait narkoba. Aparat akan mencari informasi, mencegah dengan kasus yang sama,” ungkapnya.

Menurutnya FKPM bisa berkoordinasi dengan tokoh-tokoh yang ada di Dusun.

“Yang bisa kami berikan masukan, itu kan ada puskesmas dan Rumah Sakit. Bila memcurigai ada pemakai, bisa melakukan tes urine,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.