Situasi PMK Jelang Idul Adha, Kapolda NTB: Waspadai Pembawa atau Carrier PMK

Lombok Barat, NTB – Dalam penangan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di NTB, selain telah melakukan upaya-upaya pencegahan dan pengamanan, juga mewaspadai terkait pembawa atau carrier.

Hal ini Kapolda NTB Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto menegasakannya dalam kegiatan peninjauan Posko penaganan PMK di Lombok Barat. Dalam hal ini Posko Operasi Aman Nusa II tahun 2022 Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Polres Lobar.

Kapolda menjelaskan bahwa, pihaknya telah berkoordinasi dengan Korem 162 WB, Dinas Pertanian, Karantina Klas 1 Mataram, PT. ASDP Cab. Lembar serta KKP Wilker Lembar.

“Saya dengan Pak Danrem, dengan Kapolres, Dandim, Kadis Pertanian, Karantina, dengan ASDP, dan KKP, melihat langsung apa yang sudah kita lakukan bersama. Untuk menentukan Langkah dalam menghadapi situasi PMK, khususnya di Nusa Tenggara Barat,” ungkap Kapolda NTB, Rabu (6/7/2022).

Bertujuan untuk Kondusifitas Perkembangan PMK Menjelang Idhul Adha

Dari hasil koordinasi bahwa, ini bertujuan agar situasi PMK di NTB tetap kondusif terutama menjelang Perayaan Idul Adha.

“Lebih khususnya lagi di Lombok, seperti arahan dari mentri Maritim dan Investasi, selain melakukan upaya-upaya penaganan yang telah kita lakukan, kita juga mencegah pembawa atau carrier terhadap PMK ini,” tegasnya.

Yang mana dalam penaganannya telah melakukan vaksinasi, pengobatan bagi hewan ternak yang sakit telah dilakukan.

“Sedangkan untuk pencegahan pembawa atau carrier terhadap PMK ini adalah manusia. Sudah kita koordiansi dan kita sudah sepakat dengan bersama dalam pengananannya. Sehingga situasi PMK di NTB terutama menjelang Idul Adha ini tetap kondusif,” tandasnya.

Kapolda NTB mengecek Langsung Sarana dan Prasarana di Posko Pelabuhan Lembar

Kegiatan peninjauan Kapolda NTB ini, merupakan bagian dari Operasi Aman Nusa II tahun 2022 Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku ( PMK ) Polres Lobar. Yang bertempat di Pelabuhan PT. ASDP Lembar, Kec. Lembar, Kab. Lobar.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda NTB melakukan pengecekan sarana prasarana Posko dan kesiapan anggota yang akan menempati posko.

Hadir dalam kegiatan ini, Danrem 162 WB Brigjen TNI Sudarwo Aris Nurcahyo, S.Sos.,M.M., Karo Ops Polda NTB berserta sejumlah Pejabat Utama Polda NTB.

Kapolres Lobar AKBP Wirasto Adi Nugroho, S.I.K, Dandim 1606 Mataram Letkol Arm. Arif Rahman, S. Sos., MM., dan Kadis Pertanian Lobar Lalu Winengan, M.M.

Kemudian KSOP Lembar, GM. PT ASDP Lembar, Karantina Klas 1 Mataram, KKP Lembar serta BPTD Lembar Wil Bali-Lembar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.