Polsek Lembar Pantau Vaksinasi PMK, Pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku

Lombok Barat, NTB – Polsek Lembar melakukan monitoring sekaligus pemantauan pelaksanaan Vaksin hewan ternak (Sapi) dalam rangka pencegahan penyakit Mulut dan Kuku ( PMK ). Bertempat di Dusun Dasan Belo, Desa Jembatan Kembar Timur Kec Lembar Kab Lombok Barat, Minggu (11/9/2022).

Kapolsek Lembar Ipda I Ketut Suriarta, S.H., M.I.Kom mengatakan saat ini perkembangan PMK di Wilayahnya masih Zero kaus PMK. Sehingga saat ini memfokuskan untuk capaian vaksinasi PMK, untuk menekan penyebarannya.

“Kegiatan vaksin terhadap hewan ternak (sapi) dalam rangka pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) oleh tim Keswan Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Lombok Barat Lakukan,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menindak lanjuti hasil arahan pemerintah terkait pembahasan penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Serta sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri No 31 tahun 2022 tentang penanganan wabah Penyakit Mulut Dan Kuku ( PMK ).

“Pemberian Vaksin pada hewan ternak (sapi) dengan jumlah hewan ternak (sapi) yang tervaksin hari ini kurang lebih 214 ekor. Yang telah tervaksin di Dusun Dasan Belo, Desa Jembatan Kembar Timur Kec Lembar Kab Lombok Barat,” katanya.

Pada kesempatan itu juga memberikan himbauan Kamtibmas sekaligus sosialisasi terkait penanganan PMK kepada masyarakat. Khususnya pemilik ternak (sapi) untuk melakukan upaya-upaya pencegahan.

“Seperti melakukan pembersihan kandang sapi dan penyemprotan desinfektan secara teratur, melakukan perawatan terhadap ternaknya. Untuk menjamin kesehatan pada hewan ternak sapi dengan memberikan vitamin dan pola pemeliharaan yang sehat,” jelasnya.

Pola pemeliharaan yang sehat antara lain kebersihan ternak, kualitas pakan ternak, serta tempat pakan ternak.

“Hasil pemantauan sementara untuk kasus PMK di wilayah hukum Polsek Lembar sampai dengan saat ini masih termonitor Nihil,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.